Header Ads

Manisan Cianjur

Setiap daerah biasanya punya makanan khas tersendiri. Nah, kali ini, saya mau memperkenalkan satu lagi makanan khas Cianjur. Selain asinan yang pernah saya tulis, Cianjur juga terkenal dengan manisan-nya. Sesuai namanya, manisan berarti yang manis-manis. Ya, termasuk orang Cianjur juga kali, ya ... *gak usah protes* Kebanyakan manisan terbuat dari buah-buahan, meskipun ada juga yang dari sayuran.

Sepanjang jalan di Cianjur Kota ataupun daerah lain di Cianjur, biasanya ada toko manisan. Bahkan, toko manisan berjajar hampir di sepanjang ruas jalan  utama. Selain manisan, di toko manisan juga terdapat banyak kudapan atau oleh-oleh khas lainnya, seperti tauco, goreng bayam, tempe, dodol (khas Garut), moci (khas Sukabumi), dan makanan ringan lainnya. Harga manisan bervariasi, mulai dari Rp24.000,-/kg hingga Rp40.000,-/kg.

Cara buatnya? Sampai saat ini, saya belum bisa bereksperimen membuat manisan. Kecuali, hanya manisan-manisan yang sederhana, seperti caruluk alias kolang-kaling yang hanya pakai gula atau manisan-manisan mangga, salak, dan lain-lain yang hanya perlu gula cair atau air cuka biar awet. Selebihnya, manisan kering yang biasanya proses pembuatannya lebih rumit, saya juga gak tahu cara bikinnya. Ya, gak apa-apalah gak bisa juga, gak usah maksain!

Toko-toko manisan berjajar di sepanjang jalan utama Cianjur Kota (Jalan Dr. Muwardi)

Pembeli sedang bertransaksi, membeli beberapa jenis manisan.

Ini dia jenis-jenis manisan Cianjur.
Di foto terakhir, jelas kelihatan, kan, jenis-jenis manisannya? Oke, saya sebutkan nama manisan yang berjajar empat baris di depan.

Dimulai dari baris pertama (paling belakang) sebelah kiri: pala, nata de coco (kelapa), tomat, ceri hijau, ceri merah, kedondong manis, mangga manis, salak manis, dan kolang-kaling.

Baris kedua dari belakang sebelah kiri: gak jelas apaan, gak jelas manisan apa, belimbing, lupa lagi namanya, antanan pedas, kedondong pedas, mangga pedas, salak pedas, dan pepaya pedas.

Baris ketiga dari belakang sebelah kiri: cermai, gak jelas manisan apa, kalua, wajit sirsak, dodol, dodol, dan nanas.

Baris keempat (paling depan) sebelah kiri: mangga kering pedas, gak jelas, malisu kering (jantung nanas), wortel, mangga kering asam, dan mangga kering manis.

Nah, itu dia manisan-manisan yang tertera di foto. Sebetulnya, ada toko yang lebih lengkap lagi dibanding toko tersebut. Misalnya, toko yang jual manisan kulit jeruk, paladang (pala+pepaya), rambutan, dan lain-lain. Jadi, jika sahabat kebetulan mampir atau lewat Cianjur, jangan lupa main ke rumah saya yang letak gangnya dekat sama toko di atas beli manisan! Mau titip dibeliin? Silakan transfer ke rekening saya *OB=Otak Bisnis* :lol:

Tidak ada komentar